Sate Bulayak – Hidangan Khas NTB Yang Menggugah Selera

0
951

Sate Bulayak – Hidangan Khas NTB Yang Menggugah Selera – Kuliner lagi, makanan khas Sasak, Nusa Tenggara Barat yang spesial rasa maupun tampilannya, terhadir dalam sajian sate lezat yang dinamai sate bulayak. Sebenarnya sate bulayak tidak memiliki perbedaan jauh dengan sate lainnya, yang membedakan adalah bumbunya yang khas hingga menggoda selera makan karena bau sedap yang dimilikinya.

Sajian Sate Bulayak Dengan Lontong

Sate bulayak berbahan daging juga jeroan sapi yang dilumuri bumbu khas dari Lombok dan dibakar. Sajian sate bulayak ini didampingi dengan makanan khas yang menyerupai lontong, makanan ini dibungkus daun enau atau daun kelapa berbentuk bulat memanjang tetapi lebih panjang dari lontong pada umumnya. Paduan yang dihasilkan dari kedua jenis makanan tersebut menjadikan kenikmatan dari rasanya semakin terasa.

Resep  Sate Bulayak             

Bumbu andalan untuk membuat masakan khas Sasak Nusa Tenggara Barat ini adalah santan, potongan-potongan cabe dan cabe besar. Perpaduan bumbu yang membuat masakan ini sedap dan nikmat terdiri dari kacang tanah yang direbus dan disangrai lalu ditumbuk. Sekilas bumbu campurannya mirip seperti bumbu kari.  Inilah bumbu selengkapnya: bawang merah  siung, cabe rawit merah 15 buah, bawang putih 4 siung,  merica disangrai ¾ sendok teh dan garam secukupnya.

Cara membuatnya pertama-tama siram daging dengan menggunakan air jeruk nipis lalu diamkan sekitar 15 menit. Aduk merata setengah dari bumbu yang sudah dihaluskan denagn campuran daging dan santan. Kukus sampai matang daging yang telah ditusuk sekitar 20 menit kemudian bakar sate hingga kecoklatan. Setelah itu tumis bumbu yang tersisa hingga harum, masukkan santan, gula merah dan kacang tanah kemudian aduk sampai rata. Masak hingga kental dan mendidih, angkat dan siap untuk disajikan.

Asal-Usul Sate Bulayak

Awalnya, sate bulayak dibuat oleh para masyarakat yang berada di kecamatan Narmada, Lombok Barat. Oleh sebab itu, makanan ini sering dipajang di obyek-obyek wisata di kecamatan tersebut yaitu taman Narmada, Suranadi, taman wisata Aiknyet, taman wisata Udayana, taman wisata Loang Baloq sampai sejumlah obyek wisata yang ada di Senggigi. Kini hidangan ini sudah menjadi terkenal dan bisa didapatkan ditempat-tempat keramaian sekitar Nusa Tenggara Barat.

Harga Sate Bulayak

Satu porsi hidangan sate bulayak terdiri dari sepiring sate yang isinya sekitar 10 tusuk. Harga satu porsinya sekitar Rp 12.000, harga tersebut sudah termasuk harga yang murah meriah.  Walaupun harganya sangat terjangkau, namun rasanya pun sangat nikmat  sehingga tidak sedikit para wisatawan yang memborong sate ini.

Nikmatnya cita rasa sate bulayak  menjadikan khas masakan nusantara semakin eksis. Dengan harga terjangkau kamu bisa menikmati sajian istimewa sate bulayak yang pastinya menggugah selera makanmu. Nah, jangan lewatkan hidangan yang satu ini jika tak ingi ketinggalan wisata kuliner khas Nusa Tenggara Barat.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY