Serunya Rafting di Krueng Teunom

0
767

Serunya Rafting di Krueng Teunom – Sungai Krueng Teunom merupakan salah satu sungai besar yang ada di Aceh. 80% ada di Kabupaten Pidie dan sebagian hilirnya masuk di Aceh Jaya. Sungai ini memiliki panjang lebih dari 70 km dan berasal dari 2 Sub Daerah Aliran Sungai utama, yaitu Krueng Geumpang, Krueng Sikuleh dan Krueng Tangse yang mengaliri 3 kabupaten, Pidie, Aceh Barat dan Aceh Jaya.

ARUNG JERAM DI KRUENG TEUNOM

Di Krueng Teunom terdapat jeram dengan grade III+, IV+ dan V yang paling extreme. Sungai ini masih menjadi trending topic di kalangan pecinta alam yang suka ber-arung jeram. Karena medannya masi sangat hidden untuk dijadikan ajang ORAD dibandingkan Krueng Tripa, Krueng Peusangan ataupun Sungai Alas. Untuk mengarungi sungai ini diperlukan survei dan observasi yang akurat dan hanya dapat dilakukan dengan penjelajahan selama kurang lebih seminggu.

Dikarenakan medannya yang bervariasi, mulai dari high walking, tracking, snappring, scrambling sampai rock climbing, setiap pecinta arung jeram sebisa mungkin harus mengambil tantangan eksplorasi sepanjang sungai sebelum melakukan kegiatan yang cukup menantang adrenaline tersebut. Tentunya Anda, yang berani mencoba harus matang fisik dan mentalnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Sungai ini berada di Kabupaten Pidie, Aceh. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak adanya kendaraan umum yang melewati jalur ini, Anda bisa menyewa kendaraan pribadi mobil maupun motor. Untuk menyewa kendaraan tersebut, Anda akan dikenakan biaya Rp500.000,- (mobil+supir+bensin) dan sekitar Rp50.000-Rp150.000 untuk menyewa motor. Sepanjang perjalanan yang tidak terlalu jauh Anda akan disuguhi pemandangan yang indah.

HOTEL DAN AKOMODASI

Di sekitar lokasi tidak ada penginapan untuk pengunjung. Jadi, Anda harus ke Kota Pidie untuk mendapatkan hotel ataupun penginapan. Beberapa yang direkomendasikan adalah Riza LosmenJl.Prof.A.Madjid Ibrahim Telp.0653-21527 Malisa LosmenJl.Iskandar Muda Sigli Telp.0653-21331 Erisa T LosmenJl.Kramat Dalam Sigli Aceh Telp.0653-21624. Dengan tarif yang bervariasi, Anda dapat mendapatkan penginapan yang sesuai.

TIPS SEBELUM MELAKUKAN ARUNG JERAM

  1. Jika Anda adalah seorang pemula, lebih baik menyiapkan mental dan fisik terlebih dahulu karena kegiatan ini cukup menantang. Disarankan melakukannya bersama orang yang sudah professional dengan arung jeram
  2. Ikuti apa yang dianjurkan oleh pemandu Anda dan tetap berdoa untuk keselamatan.
  3. Bagi Anda yang sudah sering melakukan arung jeram, tetap persiapkan fisik dan mental serta berdoa
  4. Kuasai medan yang akan digunakan dengan survei ataupun observasi

Arung jeram merupakan salah satu kegiatan yang cukup berbahaya. Tidak dianjurkan bagi Anda yang belum siap mental maupun fisik karena adrenaline Anda akan cukup tertantang. Dan jika tidak kuat, bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, tetap jaga kesehatan dan mempersiapkan diri jika Anda benar-benar ingin melakukan kegiatan tersebut. Selamat berwisata dan salam ransel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY