Tahura Pocut Meurah Intan, Kaki Gunung Yang Menakjubkan

0
696

Tahura Pocut Meurah Intan, Kaki Gunung Yang Menakjubkan – Nama taman hutan raya ini diambil dari nama tokoh perempuan, Pocut Meurah Intan yang merupakan keturunan dari kalangan sultan Aceh. Ayahnya adalah seorang Kejruen Biheue. Wisata ini sendiri ditetapkan menjadi kawasan hutan pada 1990 oleh pemda daerah. Hutan yang menyimpan kekayaan flora dan fauna serta wisata alam ini bisa dikunjungi bagi pecinta alam khususnya.

WISATA ALAM

Tahura Pocut Meurah Intan masih berada dalam gugusan kawasan hutan Seulawah Agam yang didominasi vegetasi hutan pegunungan dan hutan pinus. Di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang akan memanjakan mata Anda. Mulai dari pohon pinus dan akasia, juga babi hutan, rusa, burung sri gunting dan gajah serta masih banyak lagi. Keindahan alam yang disuguhkan pun sangat menarik. Akan membuat Anda tidak bisa melupakan kunjungan Anda di hutan tersebut.

MENIKMATI OBJEK WISATA DI DALAMNYA

Selain Anda disuguhi pemandangan yang memikat hati, ada pula objek wisata lainnya di dalamnya. Objek wisata tersebut antara lain air terjun berair panas, tebing batu bersusun, kawah belerang, gunung gajah, dan lainnya yang masih banyak lagi. Anda tidak salah jika memilih wisata alam ini untuk tujuan berlibur. Manjakan diri Anda disini agar liburan semakin menyenangkan.

OLEH-OLEH

Di sekitar kawasan ini terdapat kios oleh-oleh, seperti buah-buahan segar, aneka keripik dan tapai ubi dengan harga dan rasa yang bervariasi. Harga mulai dari Rp10.000,- sampai Rp50.000,-. Tidak perlu jauh-jauh, bukan untuk membelikan keluarga makanan khas Aceh. Anda juga bisa memakan jajanan ini di perjalanan agar tidak bosan.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Wisata ini terletak kurang lebih 70 km dari Banda Aceh. Tepatnya di Kecamatan Lembah Seulawah. Mudah sekali untuk menemukan lokasinya karena berada di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan. Anda bisa kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Untuk kendaraan umum mungkin akan lebih dari 1 jam dan bertarif sekitar Rp20.000-Rp30.000,-. Perjalanannya tidak akan membuat Anda bosan karena di sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang indah. Apalagi kalau sudah hampir sampai ke lokasi, pasti Anda akan merasakan kesejukan udaranya.

HOTEL

Di daerah ini tidak ada hotel yang bisa dijangkau. Untuk menginap, Anda lebih baik ke Pade HotelJl.Soekarno-Hatta No.1 Daroy Kameu, Aceh Besar Telp.0651-49999. Atau bisa langsung ke Banda Aceh dan mencari hotel yang Anda inginkan karena disana lebih lengkap dan bervariasi. Seperti Hotel Lading, Hotel Oasis, Hotel Sultan dan masih banyak lagi.

Tahura Pocut Meurah Intan ini sebagai bukti bahwa masih ada kekayaan alam yang harus dilestarikan. Andalah salah satu orang yang wajib melakukan hal itu agar bumi selalu terjaga. Puaskan liburan Anda di objek wisata ini, karena masih banyak destinasi yang menanti Anda. Salam ransel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY