Taman Pintar, Wisata Belajar Yang Edukatif

0
644

Taman Pintar, Wisata Belajar Yang Edukatif – Digelari Kota Pelajar, membuat Yogyakarta ingin selalu memfasilitasi besarnya ketertarikan masyarakat pada ilmu dan pengetahuan. Hal tersebutlah yang mempengaruhi pendirian objek wisata dan belajar Taman Pintar Yogyakarta. Sebenarnya tujuan utama dari pembangunan Taman Pintar ini untuk mensupport program evaluasi regular di sekolah dari awal, dengan cara mengasah kreatifitas anak mulai dini dengan harapan makin banyaknya inovator teknologi yang bermunculan di Indonesia.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Taman Pintar terletak di Jalan Senopati No.1-3 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini terletak di jantung kota. Anda dapat menggunakan beberapa sarana transportasi untuk sampai ke lokasi. Misalkan saja, Anda dari arah jalan Wates (Jakarta), ikuti jalan lurus terus sampai ketemu perempatan pertama, Wirobrajan. Kemudian lurus terus menuju ke perempatan berikutnya, Gedung Agung atau Kantor Pos. Kurang lebih 300 meter di sebelah kiri merupakan lokasi Taman Pintar Yogyakarta.

Jika Anda dari jalan Magelang (Semarang) setelah ketemu perempatan Wirobrajan, Anda bisa belok kiri lalu ikuti panduan di atas. Dari Solo lebih mudah lewat ringroad. Setelah ketemu jalan Wonosari, belok kanan saja dan ketemu perempatan Anda masih lurus terus. Lokasinya di perempatan sebelum kantor pos, kanan jalan. Itu tadi panduan untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Bagi yang dari stasiun ataupun bandara, silahkan naik Trans Jogja dengan ongkos Rp3.500-Rp7.000.

JADWAL BUKA DAN TIKET MASUK

Taman belajar ini buka dari Selasa-Minggu pada pukul 09.00-16.00. Hari Senin tutup. Untuk masuk ke Taman Pintar sendiri, Anda akan dikenai tiket masuk Rp8.000 untuk anak-anak, Rp15.000 untuk dewasa dan planetarium.

FASILITAS

Objek wisata yang biasanya dikunjungi para keluarga bersama anak-anak mereka ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang, mulai dari ruang audiovisual, area bermain, ruang pertemuan multifungsi dan juga food court.

WISATA

Taman Pintar merupakan sebuah laboratorium yang dikemas menjadi tempat rekreasi yang sangat bermanfaat baik bagi pelajar maupun anak-anak. Di tempat ini, para siswa secara bebas dapat mendalami pelajaran sains di sekolah lewat pengamatan langsung. Terdapat program di Taman Pintar yang dapat dipraktikkan langsung oleh pelajar, di antaranya adalah penyiar TV, Animasi, Rumah Batik, Program Kreatifitas dan masih banyak lagi. Terdapat pula berbagai wahana yang mendukung pembelajaran siswa di objek wisata tersebut.

Wahana utama tersebut adalah, Program Kreatifitas yang menawarkan pelatihan secara workshop dan interaktif. Peserta dapat membawa pulang hasil karyanya. Untuk mengikuti program ini, Anda harus membayar tiket Rp5.000-Rp40.000 tergantung apa yang Anda pilih. Planetarium yang memiliki alat peraga pertunjukan film pengetahuan perihal antariksa dan tata surya. Memorabilia yang terdapat alat peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia, mulai dari Kasultanan serta Paku Alaman Yogyakarta, sampai sejarah presiden RI dari yang pertama sampai sekarang. Simulator Gempa yang merupakan zona simulator yang baru dibangun pada 2013. Ada pula Gedung Oval Kotak, Playground atau Taman Bermain dan Teater 3 Dimensi yang menjadi wahana utama di gedung pembelajaran ini.

KUNJUNGAN ROMBONGAN DARI SEKOLAH

Terdapat prosedur bagi rombongan sekolah yang datang ke objek wisata ini, yaitu : 1. Minimum julahnya 20 orang termasuk siswa dan guru 2. Membawa surat pemberitahuan kunjungan resmi dari sekolah dan ditujukan kepada Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar. Ketetapan tersebut hanya berlaku untuk rombongan yang mengunjungi pada hari Selasa-Sabtu.

Itu tadi merupakan info wisata dari Taman Pintar Yogyakarta. Kalau mau pintar, berkunjung ke Taman Pintar. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY