Tapak Paderi, Pantai Yang Menarik Hati

0
795

Tapak Paderi, Pantai Yang Menarik Hati – Provinsi Bengkulu memang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Hal itu memberikan dampak bagi garis pantainya yang panjang. Kalau Anda ke Bengkulu tapi belum pernah mengunjungi pantai ini, berarti Anda belum melakukan liburan dengan baik. Objek wisata ini sangat lengkap, yaitu ada wisata pantai dan sejarahnya serta sangat difavoritkan oleh masyarakat Bengkulu.

SEJARAH

Tapak Paderi dulunya merupakan pusat pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu. Pantai ini juga merupakan penunjang transportasi laut pemerintah Inggris di sana, karena saat itu berjarak sekitar 100 meter saja dari Benteng Marlborough. Benteng tersebut dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Di pantai tersebut dulunya juga terdapat kampung China yang menarik.

KEKAYAAN PANTAI TAPAK PADERI

Dari atas Tapak Paderi, Anda dapat melihat keindahan laut Bengkulu. Pesona keindahan alam yang tiada akhir tersebut ditandai dengan tenggelamnya matahari yang tak bisa Anda lewatkan. Karena kekayaan yang dimiliki inilah, selain Benteng Marlborough dan Monumen Thomas Parr, Pantai Tapak Paderi menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi.

YANG MENARIK

Pantai ini biasanya digunakan sebagai pusat Festival Tabot Bengkulu. Kemeriahan pertunjukan seni, pameran kriya, aneka lomba, rebana, tari tabot, pasar dan berbagai macam acara seni lainnya disuguhkan dalam festival ini. Selain itu, hal yang menarik lainnya adalah adanya makanan-makanan kegemaran masyarakat Bengkulu di pantai ini, seperti jagung bakar, martabak, pisang bakar khas Bengkulu, aneka seafood dan makanan lainnya.

KEGIATAN DI PANTAI

Menyusuri danau buatan dengan perahu serta menikmati jagung bakar merupakan kegiatan unik dan sering dilakukan para wisatawan di pantai ini. Danau buatan tersebut terletak di pinggir pantai dan mudah dijangkau. Untuk menyewa perahu sendiri Anda akan dikenai biaya sekitar Rp30.000-Rp60.000,-.

FASILITAS DAN AKOMODASI

Terdapat warung-warung makanan di sekitar pantai yang menunjang liburan Anda. Karena lokasinya yang berada di kota, juga memudahkan Anda mendapatkan toko oleh-oleh dan souvenir serta penginapan dan akomodasi lainnya. Banyak sekali hotel, resort, cottage dan pondokan untuk Anda menginap yang tersebar di sekitar kota dengan harga yang beragam permalamnya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Tapak Paderi terletak dalam jarak 15 km dari Bandara Fatmawati, Bengkulu. Lama perjalanan untuk menuju ke sana dari bandara adalah sekitar 40 menit. Anda bisa menyewa mobil atau taksi di sekitar bandara dengan tarif sekitar Rp50.000-Rp80.000,-. Jika Anda dari pusat kota Bengkulu, waktu yang Anda perlukan untuk sampai ke pantai adalah sekitar 10 menit saja menggunakan taksi, bus, ojek maupun kendaraan pribadi Anda. Dengan tarif sekitar Rp3.000-Rp10.000 Anda sudah sampai di lokasi.

Demikianlah referensi yang datang dari pantai Tapak Paderi. Semoga dapat membantu Anda menentukan rencana liburan. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY