Tempat Tinggal Satwa Menarik di Pulau Bakut

0
833

Tempat Tinggal Satwa Menarik di Pulau Bakut – Pulau Bakut merupakan pulau yang memiliki luas sekitar 18,7 hektar. Tempat ini telah ditunjuk sebagai taman wisata alam melalui Keputusan Menteri Kehutanan pada 2003. Kawasan ini banyak dihuni oleh hewan dan tumbuhan yang adaptif terhadap pasang surut. Walaupun namanya belum sepopuler objek wisata lain di Kalimantan Selatan, akan tetapi letaknya yang relatif dekat dengan Banjarmasin, serta bisa ditempuh dengan jalur darat dan laut membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan liburan.

RIWAYAT

Beberapa tahun lalu sempat terjadi peristiwa kelahiran 7 bayi bekantan di Pulau Bakut. Kelahiran tersebut merupakan kabar gembira, karena bekantan adalah salah satu spesies monyet langka. Selain itu, kelahiran tersebut menandakan bahwa kawasan ini mulai mengalami pemulihan setelah rusak parah akibat lalu lintas kapal tongkang batu bara yang lewat sungai Barito.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pulau Bakut terletak di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan speedboat dari Banjarmasin dalam waktu 20 menit. Anda juga bisa menggunakan perahu motor dari Banjarmasin selama 1,5 jam. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dan langsung ke dermaga yang ada di bawah Jembatan Barito. Jika Anda menggunakan transportasi umum, silahkan berangkat dari Terminal Induk Handik Bakti dilanjut dengan taksi dan turun sebelum naik Jembatan Barito. Siapkan ongkos sekitar Rp20.000-Rp150.000 untuk perjalanan Anda.

JEMBATAN BARITO

Jembatan ini menghubungkan kedua daratan yang ada di sisi timur dan barat sungai Barito, yang mempunyai beberapa tiang penyangga yang terpancang di Pulau Bakut. Posisinya pulau yang berada di tengah sungai Barito membuatnya menjadi lokasi yang sangat cocok sebagai tempat pemasangan tiang penyangga jembatan. Jembatan ini banyak dilewati pengunjung yang akan ke Pulau Bakut. Saat Anda melewatinya, bagian tengah jembatan akan menemui beberapa puncak pohon yang menyembul keluar dari Pulau Bakut dan bisa terlihat di kedua sisi jembatannya.

WISATA PULAU BAKUT

Di Pulau Bakut Anda bisa menyewa klotok dengan biaya Rp150.000 untuk berkeliling pulau mengamati satwa seperti bekantan burung dan satwa liar lainnya. Beberapa jenis monyet juga menghuni Pulau Bakut. Monyet ekor panjang merupakan yang paling besar populasinya. Terdapat banyak pepohonan yang tumbuh di lokasi ini, seperti pohon panggang, nyirih, jingah, waru, kelampan, kayu bulan, nipah, putat, jeruju, piai, dan pandan. Tumbuhan bakung, eceng gondok dan keladi juga tumbuh mengelilingi Pulau Bakut.

Akan tetapi, pohon yang paling dominan di Pulau ini adalah pohon rambai yang merupakan tempat tinggal para monyet dan bekantan penghuni pulau ini. Buahnya ang manis juga menjadi makanan favorit mereka.

Sudah puas dengan referensi dari Pulau Bakut? Selamat berjalan-jalan di objek wisata tersebut dan jangan lupa mengajak serta keluarga Anda. Salam ransel dan selamat berlibur untuk Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY