Tempat Wisata Danau Sentani di Papua

0
841

Tempat Wisata Danau Sentani di Papua – Papua salah satu pulau yang diujung timur Indonesia yang menjadi perbatasan bagian timur dengan Papua New Guinea. Namun Papua sangat terkenal dengan wlayah yang memiliki wisata yang masih alami. Jika anda membicarakan Papua, maka dibenak anda terbesit nama Raja Ampat. Namun masih ada lagi kawasan yang menjadi tempat wisata yang ada di Papua, yakni Danau Sentani yang berada di Jayapura. Jika anda akan berkunjungke Jayapura, maka anda akan disambut terlebih dahulu dengan Danau Sentani yang memiliki keindahan yang rugi untuk dilewatkan. Penduduk sekitar Danau Sentani mendiami di 24 desa yang sebagian besar warganya menjual hasil kerajinan khas Papua.

Air Danau Sentani ini berasal darri 14 sungai besar dan kecil yang menjadi satu di muara sungai yakni Jaifuri Puay, Danau Sentani merupakan danau vulkanik yang terdiri dari subtract lumpur berpasir atau humus. Kedalaman dari Danau Sentani tersebut mencapai sekitar 24,5 m, hal tersebut sudah dilakukan penelitian yang dilakukan oleh badan geografis. Dengan memliki kekayaan biota laut yang banyak jenisnya, maka warga sekitar memanfaatkan Danau Sentani tersebut untuk budidaya ikan tawar. Ada beberapa spesies ikan yang berada di Danau Sentani tersebut, ada 30 spesies ikan tawar yang 4 spesies diantaranya ialah endemic Danau Sentani yakni ikan Gabus Danau Sentani, Ikan pelangi merah jambu, hiu gergaji, dan ikan pelangi Sentani.

Keindahan

Jika anda berlibur untuk eksplore wisata yang ada di Papua khususnya di Jayapura, anda harus mendatangi Danau Sentani tersebut. Pasalnya pemandangan yang ada di sekitar danau ini masih terlihat sangat alami dan eksotik. Jika anda ingin menulusuri beberapa bagian yang ada di Danau Sentani tersebut anda bisa menyewa perahu wisata yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Tidak hanya menelusuri danau, anda juga bisa memancing, berenang, bermain sky air dan juga disekitar danau banyak warga sekitar yang menjual makanan khas Papua atau seafood yang diambil dari hasil budidaya mereka sendiri. Jika anda berlibur di Danau Sentani pada bulan Juli, maka akan bertepatan dengan adanya festifal Danau Sentani, acara ini berguna untuk memperkenalkan tempat wisata bagi pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Akomodasi

Untuk akomodasi menuju Danau Sentani anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan jalur menuju ke Bandara Sentani, Jayapura. Selepas dari Bandara Sentani bisa dilanjutkan ke Danau Sentani menggunakan kendaraan umum yang menempuh waktu selama 15 menit, untuk biaya angkutan umum de ngan tarif mencapai Rp.10.000. untuk berlibur ke Danau Sentani tersebut anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan seperti hotel berbintang atau losmen. Untuk tiket masuk di hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 namun jika anda masuk ke area berjalan kaki maka anda tidak perlu untuk membayar tiket masuk.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY