Tempat Wisata Pulau banda Maluku Tengah

0
1158

Tempat Wisata Pulau banda Maluku Tengah – Perairan pulau banda terletak diantara gugusan Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir dan Pulau Hatta yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah. Lokasi yang strategis membuat perairan pulau banda memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam.

Berbagai study menunjukan, peraiaran pulau banda memiliki 310 jenis terumbu karang dan sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu yang masih sangat terjaga. Sehingga pulau banda juga diklaim sebagai pulau warisan dunia.

Aktivitas menarik

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pulau banda, antara lain melihat tanaman laut dari atas perahu, memancing, menyelam, melihat ikan paus , melihat lumba-lumba atau melihat lomba balap perahu dari tepian pantai.

Daya tarik utama pulau banda

Pesona bawah laut yang indah serta perairan yang sebening kristal membuat pulau banda sering dikunjungi oleh pecinta olahraga air seprti diving dan juga snorkeling.

Ada beberapa spot menyelam yang indah di perairan banda, antara lain :

  • Sonegat : merupakan spot yang paling mudah dijangkau, hanya butuh sekitar 5 menit dari pantai. Di tempat ini anda bisa menemui beragai spesies ikan seperti tuna, Girdled biru dan ikan angel fish.
  • Pulau Keraka : pulau keraka merupakan pulau yang sangat cocok untuk menikmati keindahan bawa laut terutama keindahan terumbu karang dan juga baracuda dala ukuran besar.
  • Pulau Lontar : spot menarik dengan keindahan bawah laut selanjutnya berada di tepi luar Pulau Lontar yang merupakan bagian dari tepi kaldera cekung .
  • Batu Belanda : tempat ini penuh dengan barel, tabung busa dan juga gua gua kecil. Ikan di tempat ini juga sangat bervariasi  seperti snappers, kaisar besar, girldled angel fish atau bahkan banner fish.
  • Pulau Ai : pulau ini menawarkan tempat yang paling sempurna untuk menikmati keindahan bawah laut pulau banda. Dengan menyelam di tempat ini anda akan menemui tembok karang dengan gua gua alami yang merupakan habitat harbors fish.
  • Pulau Hatta : spot menyelam di pulau hatta terletak di Atol Skaru, yaitu sebuah karang yang hapir tenggelam tepatnya beberapa ratus meter dari titik selatan pulau hatta. Di antara karang yang hampir tenggelam inilah anda bisa menyaksikan sekumpulan ikan Unicorn fish, Fusiliers, ikan jack dan rainbow runners, napoleon wrasse, dan kura-kura sisik.

Cara akses

Untuk menikamati keindahan bawah laut pulau banda ini anda harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh, perjalanan bisa ditempuh menggunakan rute penerbangan dari ambon ke banda via aviastar atau menggunakan jalur laut dengan menumpang kapal Pelni yang berangkat dari Ambon menuju kepulauan Banda setiap 2 minggu sekali

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY