The Paradise Island – Gili Nanggu Lombok Nusa Tenggara Barat

0
808

The Paradise Island – Gili Nanggu Lombok  Nusa Tenggara Barat – Sebuah pulau kecil yang memiliki keindahan kawasan pantai yang tidak kalah menakjubkannya dengan pulau lainnya yang bisa disinggahi sebagai objek wisata di Nusa Tenggara Barat adalah Gili Nanggu. Gili nanggu mampu memberikan kedamaian bagi para pengunjung dengan memenjakan pecinta alam bahari atas keindahannya. Oleh sebab itu, wisatawan mancanegara menjuluki daerah ini dengan sebutan “The Paradise Island”.

Gili Nanggu terletak di selat Lombok tepatnya dipesisir barat dari pulau Lombok pada kawasan 12, 5 ha. Pulau ini berada di kecamatan sekotong kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan

Wisatawan akan menikati kedamaian suasana pantai ditengah-tengah pemandangan ombak yang tenang dan pasir putihnya. Gili Nanggu adalah sebuah pulau pribadi yang dihuni oleh staf resor managemennya. Beberapa meter dari kawasan bibir pantai, wisatawan bisa menyaksikan tarian ikan yang berwarna-warni sdidasar laut dangkal secara langsung.

Sebuah kontribusi dalam aktifitas konservasi alam sejak tahun 1995 melalui program Gili Nanggu Sea Turtle Conservation Program, telah berhasil menetaskan sekitar 4.500 penyu. Program yang simpel ini secara praktis dilakukan dengan membeli telur penyu dari nelaan dari pemasaran bebas kemudian diinkubasi sekitar 30-35 hari dibawah pasir  dan dilepaskan bebas ke laut setelah menetas.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan disini adalah snorkeling dan menyaksikan matahari terbenam yang merupakan moment yang sangat indah. Selain itu, tidak sedikit pula pasangan yang menikmati bulan madunya ditempat ini.

Transportasi dan Rute Perjalanan

Untuk menjangkau daerah Gili Nanggu ini cukup mudah, kamu bisa menggunakan rute dari Mataram ke pelabuhan Lembar dengan jarak 27 km menggunakan kendaraan dan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat atau perahu sekitar 35-45 menit. Rute lain yang disa diakses yaitu melalui Tawun, Sekotong dengan jarak 47 km memenggunakan kendaraan dan dilanjutkan dengan speedboat sekitar 15 menit. Sekotong bisa diakses langsung dari Bandara Internasioanl Lombok dalam waktu 45 menit hingga satu jam perlananan udara.

Akomodasi

Para wisatawan yang ingin menyepi dan berlama-lama di Gili Nanggu ini tidak usah khawatir disana sudah tersedia resort atau cottage yang nyaman untuk tempat bermalam. Dipulau ini jga udah disediakan akomodasi modern dengan ragam pilihan yang ada. Fasilitas pendukung pun sudah memadai seperti jogging trek, wahana watersports, serta perlengkapan snorkeling dan diving.

Biaya-biaya

Tiket masuk Gili Nanggu adalah 5.000 tiap orangnya dan tarif penginapan rata-rata mulai dari Rp 230.000 hingga Rp 600.000. Untuk penyewaan perlengkapan snorkeling, pelampung dan kapalnya dipasang tarif rata-rata Rp 50.000. Sedangkan boat untuk transportasi sekitar Rp 230.000 sampai Rp 350.000.

Oleh-oleh dan Souvernir

Oleh-oleh dalam bentuk cinderamata dan souvernir bisa didapatkan berupa kaos Lombok, kain tenun khas Lombok, mutiara Lombok, aneka kerajinan dari tanah liat, dan kerajinan kayu, rotan maupun bambu. Jika wisatawan ingin membawa pulang oleh-oleh dalam makanan khas, maka bisa membawa makanan khas dodol rumput laut.

Nah, sudah terlukis bukan didalam fikiran kamu tentang Gili Nanggu dengan seluruh hal yang membuat wisata ini memukau? Sekarang saatnya memasukkan Gili Nanggu dalam daftar calon objek wisata yang akan kamu kunjungi, selamat berkunjung.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY