Ujung Pandaran, Pantai Dengan Pesona Menawan

0
880

Ujung Pandaran, Pantai Dengan Pesona Menawan – Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Sampit. Pantai ini merupakan tempat menarik yang jauh dari hiruk pikuk kota dan dapat digunakan untuk berlibur serta melepas lelah dari kegiatan sehari-hari. Penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan membuat Anda bisa melihat mereka menangkap ikan-ikan dan mondar-mandir di sekitar pantai untuk membawa hasil tangkapan mereka.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Pantai Ujung Pandaran berada di Desa Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kota Waringin Timur. Jaraknya dari Kota Sampit sekitar 80 km ke arah selatan. Anda bisa berangkat dari Sampit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa di agen persewaan kendaraan. Perjalanan yang Anda tempuh akan memakan waktu kurang lebih 3 jam melalui jalur darat. Pemandangan yang disuguhkan menarik, berupa perkebunan dan semak belukar. Namun, sesekali Anda juga akan melewati jalan yang tidak terlalu bagus.

Kalau dari Palangkaraya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Angkutan umum yang tersedia, yaitu jurusan Palangkaraya-Sampit. Anda bisa menaikinya dari Terminal Palangkaraya. Setibanya di sana, dilanjut menggunakan bus yang menuju ke Teluk Sampit, dimana lokasi pantai tersebut berada. Ongkos untuk angkutan umum yang Anda tumpangi sekitar Rp5.000-Rp20.000,-.

UNIK

Setiap tahun di Pantai Pandaran ini diadakan ritual Simah Laut, yakni ritual tolak bala yang dilakukan para nelayan sebelum mereka memulai pelayaran mencari ikan. Ritual ini diselenggarakan setiap tanggal 10 bulan Syawal. Para nelayan akan bergotong royong bersih-bersih pantai sebelum ritual dimulai dan selanjutnya berbagai sesaji akan dilarung ke tengah laut. Para nelayan tersebut mempercayai dengan adanya ritual ini, akan mendatangkan keselamatan serta rejeki selama melaut.

Sekian informasi wisata dari Pantai Ujung Pandaran, semoga Anda puas dengan referensi tersebut. Selamat berlibur untuk Anda yang sudah sampai di lokasi liburan dan salam ransel bagi Anda yang masih di rumah mempersiapkannya!

PANTAI UJUNG PANDARAN

Pantai yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini memiliki pasir putih dengan butiran pasirnya yang sangat halus. Di sana, Anda bisa menemukan kayu-kayu besar yang berserakan, yang dibawa ombak sampai ke bibir pantai. Selain itu, Anda bisa melihat barisan pohon nyiur yang seolah memagari pantai dengan hamparan pasir putih tersebut. Anda bisa merasakan deburan ombak yang cukup besar dengan suara yang serasa memberi ketenangan bagi Anda. Saat senja tiba, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam sambil duduk santai di saung yang ada di sekitar area pantai.

Selain itu, pantai ini juga dikenal memiliki kekayaan biota laut yang khas. Ubur-ubur, ikan pari, beragai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang dan lain-lain menjadi beberapa contohnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY