Uniknya Monumen Replika Pesawat Seulawah RI 001

0
649

Uniknya Monumen Replika Pesawat Seulawah RI 001 – Pesawat Seulawah RI 001 merupakan pesawat pertama yang dibeli oleh Indonesia dengan bantuan dana secara sukarela dari masyarakat Aceh. Pesawat ini memiliki peran penting dalam awal kemerdekaan sejarah penerbangan Indonesia. Selain itu juga, pesawat tersebut merupakan bukti nyata dukungan dari masyarakat Aceh dalam proses dan perjalanan mempertahankan kemerdekaan. Pesawat Seulawah menjadi cikal bakal Maskapai Garuda Indonesia Airways. Monumennya yang ada di Blang Padang diresmikan oleh Jenderal L.B.Moerdani pada 30 Juli 1984.

WISATA

Seulawah berarti gunung emas. Badan pesawat ini memiliki panjang sekitar 19 meter dengan panjang sayap keduanya 28,96 meter serta memiliki dua mesin whitney dan pratt dengan berat 8030 kilogram yang mampu terbang dengan kecepatan 346 km/jam. Walaupun saat ini pesawat tersebut tidak digunakan lagi, untuk mengenangnya dibuatlah sebuah monumen replikanya di Blang Padang. Namun, pada jaman itu pesawat Seulawah ini berguna sebagai angkutan senjata, perjalanan presiden Soekarno ke beberapa daerah, dan penyebaran berita tentang perjuangan rakyat Indonesia ke beberapa tempat.

Anda bisa berjalan-jalan di sana dipandu oleh pemandu perjalanan Anda. Karena di sekitar monumen sendiri selalu ramai dikunjungi. Apalagi dengan adanya fasilitas umum yang membuat aktivitas di sekitarnya semakin menyenangkan.

KULINER DAN BELANJA

Kalau Anda sedang mengunjungi daerah ini, tidak perlu khawatir kelaparan. Karena di sekitar monumen banyak penjual makanan, seperti mie Aceh, salah satu makanan favorit masyarakat Aceh yang sangat khas daerah asalnya. Untuk berbelanja, Anda bisa mengunjungi toko souvenir, seperti Aceh PutraJl.Tentara Pelajar No.137 Merduati, Banda Aceh. Putroe AcehJl.K.H.Ahmad Dahlan No.67 Banda Aceh. Dapatkan berbagai souvenir dengan harga yang murah meriah. Untuk kesana, Anda bisa menaiki motoped atau becak motor. Ongkosnya sekitar Rp10.000-Rp30.000,-.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Lokasi monumen replika pesawat ini ada di lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Hanya sekitar 1 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa naik labi-labi dari terminal Keudah sampai di jalan Sultan Iskandar Muda. Ketika sampai di tepi jalan, Anda sudah bisa melihat monumen tersebut. Biaya angkutan umum labi-labi yang Anda pergunakan adalah Rp3.000-Rp5.000,- saja.

HOTEL

Ketika hari sudah malam dan Anda membutuhkan penginapan, Anda bisa datang ke salah satu hotel berikut:

Hotel Oasis AtjehJl.Tengku Imim Lueng Bata No 115, Banda Aceh Telp.0651-636999/ 0651-65333 Tarif: Rp250.000-Rp1.000.000 ke atas

Hotel LadingJl.Cut Meutia 19 Banda Aceh Telp.0651-635123/ 0651-638321 Tarif: Rp175.000-Rp1.000.000 ke atas

Harga hotel di atas merupakan harga yang paling murah. Selain itu sudah dilengkapi fasilitas di dalamnya. Silahkan memilih sendiri mana yang cocok.

Jangan lupa untuk membawa persediaan uang yang cukup karena belum tentu biaya wisata yang kita rencanakan akan sesuai dengan harapan. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu, misalnya, Anda harus sudah berjaga-jaga dulu. Lebih baik datang pada pagi atau sore hari karena di sekitar tempat wisata akan ramai oleh pengunjung. Jangan lupa juga untuk membawa payung atau topi, karena cuaca di Banda Aceh cukup panas. Selamat merencanakan wisata Anda dan semoga liburan Anda lebih menyenangkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY