Waduk Keuliling, Alternatif Wisata Yang Menarik

0
705

Waduk Keuliling, Alternatif Wisata Yang Menarik – Waduk Keuliling sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata walaupun masih belum ada yang tahu tentang waduk ini. Waduk yang dibangun pada tahun 2000 ini baru difungsikan menjadi tujuan wisata pada 2008. Secara umum, waduk ini memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan wisata lain di Aceh. Dan jika lebih diperhatikan oleh pemerintah, lokasi ini akan semakin terkenal dan banyak orang yang berwisata kesini.

MATAHARI TERBIT DI WADUK KEULILING

Kalau Anda berkunjung ke waduk ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit. Pemandangan yang disajikan olehnya sungguh memikat hati dan bisa menciptakan suasana yang akrab dengan keluarga. Waduk yang digunakan sebagai irigasi dan budidaya ikan rakyat ini juga menjadi tempat berkumpulnya para turis dalam berwisata. Suasana yang ada di sana, baik pagi maupun malam mendukung Anda menikmati liburan. Sambil menikmati kuah beulangong di malam hari, akan memberikan kedamaian tersendiri.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Waduk ini terletak di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Desa Bak Sukon, 35 km ke utara Banda Aceh, melintasi Jalan Banda Aceh-Medan. Perjalanan yang dilakukan sekitar 30-45 menit, memakai kendaraan umum maupun pribadi. Jika Anda menggunakan jasa angkot, ongkosnya sekitar Rp10.000-Rp20.000,-. Jalan menuju lokasipun sudah terbilang mulus dan beraspal walaupun berkelok-kelok. Di sepanjang jalan Anda akan disuguhi panorama keindahan alam.

BERKELILING DAN BELANJA

Untuk berkeliling di sekitar kota, Anda dapat menggunakan ojek, becak motor maupun labi-labi dengan ongkos sekitar Rp10.000-Rp30.000. Mampirlah di toko souvenir dan kue yang tersebar di kota, seperti Toko Sagoe KamoeJl.Hamzah Fansyuri, Gampong Lampageu Aceh Besar Dendeng Ikan Manis Belia Jaya dan Istana Kueh Tradisional Aceh. Silahkan membeli oleh-oleh untuk keluarga dengan harga yang lumayan istimewa dan sesuai dengan kualitas barangnya.

HOTEL

Jika Anda ingin menginap di hotel setelah lelah berjalan-jalan, ada beberapa pilihan untuk Anda. Hotel tersebut antara lain: Rasa Mala IndahJl.Khairil Anwar No.57, 59 Aceh Besar Telp.0651-22044 Pojok IndahJl.Tentara Pelajar No.12 Aceh Besar Wisma BintaraJl.Bintara Pineung No.19 Aceh Besar Telp.0651-21191. Tarif akomodasi hotel tersebut sekitar Rp300.000-Rp800.000.

Jika pemerintah memperhatikan waduk ini, bisa jadi akan menjadi tempat wisata yang berfasilitas lengkap dan cocok untuk liburan para wisatawan. Di sekitar waduk bisa ditambah fasilitas toilet umum, rumah makan, dan penginapan agar para wisatawan bisa nyaman berlibur disini. Sekedar tips untuk Anda yang berwisata di Aceh. Jangan lupa memakai pakaian yang tertutup aurat, karena warga sekitar masih menjunjung norma islam yang ada. Selamat menikmati liburan bersama keluarga. Semoga liburan Anda sesuai harapan karena masih banyak destinasi yang belum dikunjungi. Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY