Wisata di Puncak Bukit Menumbing Yang Bersejarah

0
994

Wisata di Puncak Bukit Menumbing Yang Bersejarah – Gunung Menumbing adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian sekitar 355 mdpl. Gunung ini merupakan tempat yang bersejarah, yakni menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta pada zaman penjajahan. Terdapat wisma atau penginapan yang masih terawat sampai sekarang, yang menjadi tempat kedua pemimpin Indonesia tersebut diasingkan.

SEJARAH

Kedua petinggi negara kita yang pertama, yakni Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan di Pulau Bangka oleh Belanda pada tahun 1948-1949. Mereka diasingkan di sebuah wisma yang dijaga oleh Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke geneasi. Dari awal mereka memang memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama pengasingannya. Soekarno sendiri diasingkan ke beberapa pulau untuk memutuskan kontaknya dengan dunia luar, sehingga perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan menjadi melemah.

WISMA DI GUNUNG MENUMBING

Wisma Menumbing merupakan tempat peristirahatan presiden dan wakil presiden yang pertama selama diasingkan di Pulau Bangka. Wisma tersebut berada di puncak bukit gunung Menumbing. Oleh karena letaknya yang terpencillah, tempat tersebut cocok menjadi pengasingan. Apalagi aksesnya ke dunia luar juga sangat terbatas.

Pertama kali sampai di puncak, Anda akan mendapati anak tangga yang berjumlah ratusan untuk menuju ke wismanya. Tangga tersebut berada di tengah-tengah punuk tanah yang menghijau karena tumbuhnya rumput. Goyangan pohon kelapa di sisi tangga juga turut menyambut Anda. Anda dapat menjumpai tiang bendera merah putih yang selalu berkibar di depan wisma.

Wisma Menumbing memiliki 6 kamar dengan dua bangunan lainnya yang terpisah dan berisi 6 serta 7 kamar. Bung Karno sendiri menempati kamar di bangunan utama. Akan tetapi, kamar tersebut terkunci rapat dan Anda hanya dapat melihat bagian luarnya saja. Selain itu, Anda pun bisa melihat ruang penerimaan tamu yang sederhana, dimana di sisi ruangannya terdapat kaca yang memperlihatkan pemandangan bukit Menumbing dan sekitarnya.

Silahkan menuju ke bagian lain wisma untuk melihat aula yang konon sempat dijadikan penjara Bung Karno selama pengasingan. Nah, kalau sudah hampir selesai mengotak-atik bagian dalam, Anda akan sampai di teras terbuka yang lokasinya lebih tinggi. Anda bisa mengagumi keindahan alam yang tercipta sebagai wujud rasa syukur Anda.

KOLEKSI

Di dalam wisma pengasingan tersebut, Anda dapat menemukan peninggalan Bung Karno berupa mobil dan lokomotif tua yang masih terjaga sampai saat ini. Mobil yang bermerk Ford De Luxe tersebut saat ini hanya pajangan, sebab mesinnya sudah tidak dipasang lagi.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Gunung menumbing berada di Muntok, ke arah Barat Laut dari Pulau Bangka. Gunung ini tepatnya terletak di desa Air Belo, Muntok, Bangka Barat. Letak Muntok sendiri tidak jauh dari Bandara Depati Amir. Waktu tempuhnya sekitar 3 jam untuk mencapai kota tersebut. Sedangkan wisma pengasingannya, berada di atas puncak bukit Menumbing. Untuk menuju ke sana, Anda hanya bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewanya dari beberapa agen di sekitar Bangka Belitung. Ongkosnya sekitar Rp300.000 lengkap dengan sopir. Terdapat satu jalan utama untuk keluar masuk yang dapat dilalui kendaraan menuju lokasi.

BIAYA MASUK

Untuk memasuki area tersebut, Anda akan dikenai biaya sebesar Rp30.000/mobil yang dapat dibayar di pos pertama di dekat jalan masuk utama. Di pos tersebut, sebaiknya Anda bertanya kepada penjaga apakah ada mobil yang akan turun dari bukit, sebab jalanan tersebut hanya bisa dilalui satu arah saja.

Tempat bersejarah ini memang cocok untuk menghabiskan waktu liburan Anda, karena suasananya yang sangat nyaman. Selain itu, Anda pun bisa mempelajari sejarah yang berhubungan dengan wisma tersebut, bukan? Salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY