Wisata Ke Desa Budaya Banda Ely

0
804

Wisata Ke Desa Budaya Banda Ely – Jika anda ingin mengunjungi sebuah kawasan wisata dengan kondisi alam yang masih asri dan kental akan nilai budaya, anda bisa mengunjungi desa budaya banda Ely. Desa budaya Banda Ely ini berokasi di daerah Kei Besar Utara yang masuk kedalam pemerintahan kabupaten Maluku Tenggara, atau sekitar empat jam jika anda datang dari kota Kei Besar.

Masyarakat yang mendiami desa budaya Banda Ely ini berasal dari Pulau Banda Naira, menurut sebuah sumber masyarakat yang tinggal di desa ini sudah tinggal sejak perang melawan Belanda dibawah pimpinan J.P Coen pada tahun 1621. Desa budaya banda Ely merupakan sebuah daerah wisata yang menawarkan keindahan alam serta keaneka ragaman udaya, seperti bahasa, tarian , atau seni musik sejak jaman dahulu masih terjaga sampai sekarang, hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari desa Banda Ely.

Walaupun warga sekitar yang mendiami desa budaya Banda Ely menggunakan bahasa lokal, jangan kuatir karena di tempat ini banyak sekali orang yang bersedia untuk menerjemahkan kedalam bahasa indonesia. Dengan begitu anda bisa berkomunikasi dengan masyarakat Banda Ely secara langsung.

Keindahan

Memiliki keindahan alam yang sangat menggoda, budaya yang sangat kental, desa budaya banda Ely juga menjadi salah satu pusat kerajinan tangan yang diproduksi oleh masyarakat sekitar. Kerajinan-kerajinan tangan tersebut seperti perak, tembikar, besi serta kerajinan tangan lainya. sebagian besar masyarakat yang mendiami desa tersebut bermata pencaharian sebagai penghasil kerajinan emas kei. Emas kei ini merupakan salah satu loga berharga yang biasanya digunakan sebagai perhiasan masyarakat kei.

Banyak sekali pilihan wisata di tempat ini, salah satunya adalah desa Har yang memiliki lokasi sangat dekat dengan desa Banda Ely. Bagi anda yang sudah pernah mengunjungi desa Haar, tentu anda sudah mengetahui keindahan yang dimilikinya, yaitu berupa terumbu karang yang sangat yang bisa anda nikmati dengan menyelam atau diving. Ada juga sebuah gunung yang bernama Gunung Ar dengan bangunan bentenya yang sangat kokoh.

Daya Tarik

Yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun manca negara dalam mengunjungi desa budaya kei ini adalah adat-istiadat atau budayanya yang masih terjaga dari sejak jaman dulu, tidak ada pengaruh modernisasi pada desa ini. selain menikmati keindahan alam yang sangat indah, anda juga bisa menikmati kebudayaanya seperti tarian, musik tradisional, maupun aktivitas lainya yang ada di desa Banda Ely.

Dengan mengunjungi tempat-tempat yang masih belum terpengaruh oleh modernisasi seperti desa kei ini bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam hidup anda. Jika anda tertarik, carilah informasi sebanyak mungkin, persiapkan segala kebutuhan anda dimulai dari fisik sampai kebutuhan anggaran yang anda perlukan. Selamat berliburan

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY