Wisata Ke Kompleks Candi Terbesar di Sumatera, Muarojambi

0
568

Wisata Ke Kompleks Candi Terbesar di Sumatera, Muarojambi – Candi yang beraliran Biddhisme ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Kompleks Muarojambi ini disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Candi yang berupa susunan batu bata merah ini ditetapkan oleh UNESCO pada 2009 sebagai situs warisan dunia yang wajib dilindungi.

SEJARAH

Candi ini ditemukan oleh S.C.Crooke, seorang letnan Inggris pada 1820 yang kemudian dipugar oleh pemerintah Indonesia pada 1975. Sampai sekarang, terhitung ada 61 candi yang sebagian besar masih tertutup tanah. Di kompleks ini, selain candi Anda bisa menemukan perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa dulunya kawasan ini digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Terdapat keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan internasional antara Sriwijaya dengan kerajaan Cina pada zaman dulu.

KEGIATAN WISATA

Ketika Anda sudah sampai di kompleks candi di Jambi tersebut, Anda akan melihat situs purbakala sepanjang 7,5 km di tepian aliran Sungai Batanghari. Di beberapa titik tepian sungai, terdapat kanak-kanal kuno atau sungai buatan yang menghubungkan Batanghari dengan kawasan situs. Pada masa lalu, kanal inilah yang digunakan untuk mencapai lokasi. Di situs seluas lebih dari 2.000 hektar tersebut ditemukan sedikitnya 82 reruntuhan bangunan kuno dari bata. Kompleks bangunan candi tersebut adalah Candi Tinggi I, Candi Tinggi II, Candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Astano, Candi Gedong I, Candi Gedong II dan Candi Kedaton.

Terdapat museum yang menyimpan semua temuan purbakala, baik dari hasil penelitian maupun temuan penduduk Jambi. Temuan tersebut antara lain, arca, belanga, manik-manik,padmasana, bata berhias, keramik, mata uang dan lain sebagainya.

LOKASI DAN TRANSPORTASI

Candi Muarojambi terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Muaro Jambi dengan jarak sekitar 26 km dari pusat kota Jambi. Untuk menempuh perjalanan ke sana, Anda dapat menggunakan jalur darat ataupun jalur sungai. Jika Anda memilih pilihan yang kedua, silahkan menggunakan speedboat yang disewakan dengan lama perjalanan 20 menit dan ongkos sekitar Rp50.000-Rp90.000,-. Sedangkah kalau dengan jalur darat, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang bisa diakses dengan 2 rute. Pertema dari Kodya Jambi-Jembatan Aur Duri-Olak Kemang-Muarojambi dan yang kedua dari Kodya Jambi-Jembatan Aur Duri-Simpang Jambi Kecil-Muarojambi. Atau Anda memilih menggunakan kendaraan umum saja? Hanya dengan tarif Rp3.000-Rp7.000 Anda sudah sampai di lokasi.

TIKET MASUK

Dengan hanya membayar Rp3.000-Rp5.000, Anda sudah bisa menikmati objek wisata budaya Candi Muarojambi. Cukup murah, bukan untuk wisata sejarah yang apik dan sangat unik untuk dipelajari.

Itulah sedikit referensi mengenai Candi Muarojambi yang sangat menarik untuk diulas. Silahkan merencanakan liburan Anda dan bagi Anda yang sudah berlibur, kami ucapkan selamat berlibur dan salam ransel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY