Wisata Kuliner di Jawa Barat

0
1039

Wisata Kuliner di Jawa Barat – Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki banyak sekali kuliner dengan rasa yang khas. Seperti contohnya yang terkenal, yaitu di Garut adalah dodol. Kemudian beberapa olahan soto dan sate yang dikreasikan menjadi makanan khas Jawa Barat. Sudah pasti kalau makanan Indonesia kaya akan rempah-rempahnya. Apalagi di Jawa Barat ini. Kalau Anda berkunjung di kota manapun di Jawa Barat, Anda pasti akan menemukan ribuan kuliner sampai membuat Anda bingung mau memulai dari mana.

KULINER

Mulai dari restoran di pinggiran kaki lima sampai restoran mewah tersedia di Jawa Barat. Mulai dari makanan tradisional Sunda sampai makanan mewah dihidangkan semua di berbagai restoran. Salah satu yang digemari adalah Nasi Timbel yang dimakan bersama Sambal Dadak. Makanan yang tergolong murah ini memiliki rasa yang istimewa serta tak boleh dilewatkan. Di dalam nasi timbel sendiri terdapat lauk seperti daging ayam, tempe goreng, jambal goreng, gepuk (irisan daging sapi goreng dengan bumbu tradisional) atau pepes ikan.

Makanan lainnya, yaitu Batagor, Pisang Molen, Brownies Kukus, Talas Bogor dan Es Cendol serta Bajigur. Kalau Anda ingin mencicipi kuliner khas mancanegara, coba saja Yoghurt Bandung yang memiliki rasa lezat tersebut. Ada pula Gehu yang merupakan tahu diisi tauge dan sayuran, Cireng atau aci digoreng, Peuyeum yang merupakan tape singkong digoreng, Ketan dan Jagung Bakar, serta Cakue.

RESTORAN BANDUNG

Di Bandung, terdapat restoran dengan hidangan berbagai masakan dari Indonesia, seperti restoran Padang, Jawa, Cina, Korea, Jepang, India, Makanan Barat dan sebagainya. Namun, makanan Sunda sendiri akrab disebut dengan makanan Parahyangan, Tanah Para Dewa. Banyak sekali makanan tradisional yang dijual, baik di pinggiran jalan maupun di rumah-rumah makan. Seperti yang sudah disebutkan di awal contohnya, yaitu nasi timbel.

Restoran atau rumah makan yang direkomendasikan adalah Bale Gazeebo di Jalan Surapati No.49 yang memiliki tempat luas dan menyenangkan, dimana Anda dapat menikmati hidangan Anda dengan khidmat. Bumbu Desa di Jalan Pasirkalili 160, Bandung dan Jalan Laswi 1, Bandung yang menyediakan makanan tradisional dengan lingkungan yang elegan. Dan Dago Panineungan di Jalan Ir.H.Juanda No.152 Bandung Telp.022-2502011 yang juga menyediakan makanan tradisional Jawa Barat.

BELANJA OLEH-OLEH

Untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Barat, silahkan datang ke Raos Karya Umbi di Jalan Cihampelas yang menyediakan makanan dan minuman, seperti Keripik Tempe, Keripik Oncom, Dodol, Pisang Sale dan oleh-oleh lainnya. Jangan lupa juga membeli Talas Bogor di pusat oleh-oleh dimanapun Anda berada di kota tersebut. Selamat berbelanja.

Demikianlah info kuliner dan belanja yang ada di Jawa Barat. Semoga Anda puas dan memanfaatkan informasi tersebut dengan sebaik-baiknya. Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY