Wisata Kuliner di Jawa Timur

0
693

Wisata Kuliner di Jawa Timur – Jawa Timur memang terkenal dengan kulinernya yang bisa dibilang maknyus oleh Pak Bondan yang merupakan pakar kuliner di Indonesia. Beberapa kota, seperti Surabaya, Malang, Lamongan, Madiun dan Ponorogo memiliki makanan dan minuman yang lezat serta selalu diburu oleh masyarakat, baik masyarakat setempat maupun yang datang dari luar kota. Berikut ini beberapa kota tersebut akan terangkum dalam wisata kuliner di Jawa Timur.

KULINER LEZAT DAN TERKENAL

Jawa Timur, khususnya Surabaya memiliki kuliner dengan kekhasan rasa pedasnya. Mulai dari Mie Pecun, Mie Akhirat, Bebek Mercon, Nasi Goreng dengan tingkat atau level kepedasan yang berbeda, dan Lontong Kupang atau sejenis kerang. Aneka makanan seperti lontong balap dan rujak cingur juga menjadi ikon dan kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat setempat. Di Lamongan, yang terkenal adalah Soto Lamongannya. Namun, Tahu Campur dan Nasi Boran juga sangat terkenal serta digemari.

REKOMENDASI RESTORAN MENARIK

Pernah datang ke Jalan Kayun No. 10A Surabaya? Warung ini menjual Bebek Mercon yang terkenal dengan rasanya yang lezat serta pedas tak tertahankan. Hanya dengan Rp12.000 Anda sudah bisa mencicipi makanan khas Surabaya ini. Di Dapur Nusantara ITC Mega Grosir Surabaya dan Pujasera Arum Manis terdapat Lontong Kupang, yaitu lontong dengan campuran kerang sungai yang berukuran kecil. Tahu Campur Mbak Yati di Stadion Sura Jaya Lamongan. Nasi Pecel Madiun di Jalan Cokroaminoto, Pecel Bu Wiryo dan Pecel Pojok serta Depot Nasi Pecel 99 yang ada di Madiun. Tahu Telor atau Tahu Panggang di Depot Tahu Telor Madiun. Dawet Suronatan yang terletak di dekat Depot Tahu Telor. Sate Ayam Ngepos Ponorogo berlokasi sekitar 25 km dari Madiun dan sekitar 1 km dari Alun-alun Ponorogo.

TEMPAT MAKAN SERU DI SURABAYA

Beberapa tempat makan seru yang ada di Surabaya akan membuat Anda ingin mencobanya jika suatu saat berkunjung kesana. Tempat makan tersebut di antaranya: Pakuwon Food Festival yang ada di malam hari dan berkonsep food court, dengan festival sate, durian, dan lain sebagainya. G-Walk adalah tempat makan favorit Arek Suroboyo yang berkonsep sama dengan Pakuwon, yaitu food court. Hidangannya lebih ke arah western. Rujak Cingur Ahmad Jaiz di Jalan Ahmad Jaiz No.40 dengan rasa rujak yang khas, namun harganya lebih mahal dibandingkan harga rujak cingur pada umumnya. Mie Pecun atau Mie Pedas Bukan Racun di Jalan Anjasmoro yang menyajikan mie dengan kepedasan bervariasi yang buka mulai 18.00-02.00. Lontong Balap Garuda Pak Gendut di Jalan Prof. Dr. Moestopo dan Zangrandi Ice Cream di Jalan Yos Sudarso dengan menu populer Noddle Ice Cream.

Di atas tadi merupakan beberapa kuliner yang ada di Jawa Timur. Memang belum tereksplor semua, namun yang sudah disebutkan merupakan yang paling terkenal dengan menu andalan yang selalu laris dinikmati masyarakat. Terima kasih sudah membaca dan salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY