Wisata Kuliner di Kalimantan Barat

0
864

Wisata Kuliner di Kalimantan Barat – Kalau berbicara tentang kuliner, makanan Indonesia memang tidak ada duanya. Setiap daerah di Nusantara memiliki makanan khasnya, tak terkecuali dengan Kalimantan Barat. Bisa Anda datangi berbagai rumah makan yang ada di provinsi tersebut untuk merasakan kuliner khasnya. Tentu saja Anda bisa sekalian mengunjungi objek wisata yang ada di Kalimantan Barat sembari icip-icip makanannya.

KULINER

Saat petang datang, berburu makanan merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan. Kalau di Kalimantan Barat, Anda bisa datang ke distrik makanan yang ada di Jalan Setiabudhi. Warung yang ada di situ berjajar rapi dan ramai dikunjungi. Pasar Hongkong yang sering disebut Singkawang yang tak pernah tidur ini menjual beraneka makanan yang khas dan sangat cocok untuk disantap di malam hari. Makanan tersebut di antaranya, Chai Pow Phan, Rujak Tionghoa, Mie Asin, Bubur Pedas, Kue Tiaw Goreng, Bubur Gunting, Kue Keranjang, Kopi Tarik dan masih banyak lagi kuliner yang menarik.

MAKANAN KHAS

Sebenarnya yang paling khas di sini adalah Bubur Pedasnya. Bubur ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus, dioseng, kemudian diberi bumbu serta rempah-rempah yang khas. Kemudian bubur tersebut dimasak bersama daging dan bermacam-macam sayuran. Mie Sagu yang berbahan dasar tepung sagu dan diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai mie. Kemudian mie tersebut dimasak bersama bumbu-bumbu yang khas. Cucur, yaitu kue tradisional yang berbentuk gerigi kecil di sampingnya dan memiliki rasa yang manis dan lezat. Sotong Pangkong atau cumi yang telah dikeringkan dan dipanggang. Setelah itu dipangkong atau dipukul-pukul supaya empuk dan disajikan bersama kuah samba kacang atau asam pedas manis. Kwee Cap yang terbuat dari kwee tiau dan dibentuk membundar serta dimasak dengan bumbu pelengkap yang khas. Lek Tau Suan yang dimasak dengan kuah kental bening dari tepung tapioka serta bumbu lainnya. Untuk menyantapnya sendiri dihidangkan bersama Ca Kwee yang garing. Burung Punai Bakar atau Goreng yang mirip burung merpati dan berwarna hijau serta berparuh kemerahan. Lempok Durian yang merupakan oleh-oleh khas Kalimantan Barat dan cukup terkenal.

TEMPAT MAKAN SERU

Di Cafe Dekranasda New Resto yang terletak di samping kanan Museum Negeri Pontianak ini memiliki menu andalan ikan bakar dabu-dabu, bubur Manado, dan ayam bakar serta capcay. Ccheers Cafe juga menyediakan kuliner istimewa khas Jerman, seperti Calzone atau Folded Pizza. Berlokasi di Jalan Uray Bawadi, depan Java Square. Awana Food Court di Jalan PH. Husin 2 dengan menu andalan bubur sapi, ayam penyet, nasi krawu, dan berbagai olahan dari beberapa daerah di Indonesia.

TEMPAT MAKAN DAN MENU ANDALAN

Coba Air Tahu di depan Kaisar Supermarket yang memiliki rasa khas. Minuman Sekoteng yang ada di Jalan Pak Kasih, samping Gg.Merak. Ayam Penyet Bu Nina di Jalan Ahmad Yani, Pontianak yang rasanya nendang. Di Pondok Burdas Jalan Merdeka, di depan STIMIK juga terdapat Bubur Pedas yang nikmatnya tak ketulungan. Cap Cay di Jalan Suprapto juga bakal bikin Anda pengen nambah. Chai Kue di Jalan Siam, Kwetiaw Apollo di Jalan Pattimura, Roti Cane di Jalan Juanda, depan Kawai Studio serta Mie Sagu yang ada di depan SMA 9, Jalan Tanjung Raya 2 juga bakal memanjakan lidah Anda sebagai penikmat kuliner sejati.

Sudah puas dengan rekomendasinya? Silahkan berwisata di Kalimantan Barat dan menikmati kuliner khasnya supaya bisa membuktikan bahwa ulasan di atas memang yang terbaik dan direkomendasikan untuk Anda. Salam makanan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY