Wisata Kuliner di Kalimantan Selatan

0
1421

Wisata Kuliner di Kalimantan Selatan – Kalimantan Selatan, selain memiliki objek wisata yang menarik juga memiliki kuliner dengan rasa yang membikin ketagihan. Apa saja kuliner khas Banjarmasin tersebut? Silahkan simak berikut ini!

MAKANAN KHAS

Kalimantan Selatan memiliki berbagai makanan khas yang lezat dan nikmat serta patut dicicipi. Makanan tersebut seperti Ketupat Kandangan, yang berupa lontong segitiga dengan kuah santan nangka dipadu dengan lauk masak habang. Soto Banjar yang memiliki kuah bening dan dimakan bersama lontong nasi. Patin Baubar, ikan patin segar yang dimasak dengan tungku dengan cita rasa yang khas.

Manday yang terbuat dari kulit tiwadak atau cempedak yang lama diawetkan dan digoreng atau dioseng bersama santan serta ikan pepuyu kecil. Iwak Basamu berbahan dasar ikan gabus yang pembuatannya mirip dengan manday. Gangan Humbut sayur dari bagian inti pohon kelapa yang disantap bersama nasi putih, ikan saluang dan sambal terasi. Aneka kue seperti Amparan Tatak Pisang, Bingka Barandam yang sering muncul di bulan puasa, dan Putri Selat yaitu kue tradisional pada masa kerajaan Banjar yang sangat digemari kaum bangsawan.

REKOMENDASI RUMAH MAKAN

Banyak rumah makan di Kalimantan Selatan yang menyajikan baik hidangan tradisional khas Banjarmasin maupun makanan biasa yang banyak ditemukan di kota lain. Rumah makan tersebut adalah RM. Chendrawasih di Jalan Pangeran Samudera No.24 RT.6 dengan makanan khas Banjar, seperti sayur ketuyung, sayur keladi, saluang goreng dan masih banyak lagi. Lontong Orari di daerah Kampung Melayu, tepatnya di Jalan Sebrang Mesjid yang menyediakan lontong khas Banjar sebagai menu andalannya. Soto Banjar Bang Amat yang buka mulai dari 07.30-17.00 WITA di Jalan Benua Anyar RT.4 No.13 Banjarmasin. Menu andalannya tentunya adalah soto Banjar.

Satu lagi, yaitu Pondok Wisata Tambak Yudha yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM.5 Kompleks Dharma Praja dan Jalan Dharma Bhakti 5C Ujung No.24 RT.21. Rumah makan ini buka mulai 09.00-23.00 WITA dengan menu utama ikan nila, ikan patin serta es pelangi yang merupakan favorit pengunjung. Di sini juga terdapat tempat pemancingan ikan dan juga permainan di beberapa spot lingkungannya.

TEMPAT MAKAN SERU

Ben Thalib di Jalan S.Parman No.1 menyediakan hidangan berat a la resto. Makanan di sini berupa kuliner khas arabia atau timur tengah. Menu spesialnya adalah aneka olahan daging kambing yang harganya mulai dari 14.000,-. Tempat ini menyediakan fasilitas berupa TV, LCD, dan juga Wi-Fi. Papillon Cofee di Jalan Flamboyan 2 No.44 dengan konsep italian coffee shop. Tempat ini sangat cocok untuk nongkrong anak muda dan memiliki aneka minuman andalan seperti mochachino dan hot chocolate, serta hot caramel latte yang masih menjadi juara di hati pengunjung. Capung Cafe & Resto di Jalan S.Parman No.17 yang menyediakan menu Indonesia dan Eropa. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 10.00.

Anda juga bisa membeli aneka kue di Warung Serabi Vikri dan Warung Serabi Sarah yang ada di Jalan Pahlawan RT.7 Banjarmasin dengan jenis makanan seperti putu mayang, kokoleh, laksa, lupis dan apam serabi.

Nah, itu tadi merupakan info wisata kuliner di Kalimantan Selatan. Semoga Anda terhibur dan segera mendatangi kota tersebut untuk mencicipi makanannya. Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY