Wisata Kuliner di Kalimantan Tengah

0
659

Wisata Kuliner di Kalimantan Tengah – Kaliamantan Tengah merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Ibukota provinsi ini adalah Palangkaraya. Mungkin bagi Anda yang sudah sering melancong untuk menikmati kuliner daerah, cobalah pergi ke Kalimantan Tengah dan rasakan berbagai keunikan rasa dari makanan khasnya yang sangat menarik. Dijamin Anda akan ketagihan.

MAKANAN KHAS

 Kalimantan memiliki makanan khas yang memiliki rasa lezat dan nikmat, di antaranya Juhu Umbut Rotan yang merupakan kuliner khas suku Dayak dan berbahan dasar rotan muda yang dimasak bersama ikan baung serta terong asam. Kedua, Juhu Umbut Sawit kuliner favorit yang sering ada di acara syukuran dan sering dicari oleh wisatawan yang pergi ke tanah Dayak. Kalumpe atau Karuang yang merupakan sayur dari daun singkong yang ditumbuk halus dan dicampur terong pipit. Makanan ini biasa disantap bersama sambal terasi.

Wadi, makanan dari ikan yang kadang juga memakai daging babi yang direndam dengan air garam kemudian dikeringkan. Setelah melalui beberapa proses baru bisa dimasak atau digoreng. Paing atau Bangamat yaitu makanan dari kelelawar besar atau kalong yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas suku Dayak.

REKOMENDASI RUMAH MAKAN MENARIK

Beberapa rumah makan yang ada di Kalimantan Tengah mungkin akan menjadi referensi terbaik untuk Anda yang kebetulan sedang berada di sana. RM. Kampung Lauk yang ada di Jalan Trans Kalimantan, arah Gunung Mas di Pahandut Seberang. Rumah makan ini berada di pinggir sungai Kahayan dan cukup terkenal di provinsi tersebut. Rumah makan ini menyediakan hidangan berbahan ikan yang masing segar. Anda bisa memilih berbagai menu paket yang ekonomis untuk beberapa orang. Misalkan saja, paket untuk 4 orang seharga Rp100.000 dengan hidangan nasi, 1 ekor ikan patin goreng atau bakar, 2 ekor nila goreng atau bakar, sayur santan nangka, sambal dan lalapan.

Terdapat rekomendasi rumah makan lainnya yang bisa Anda coba, seperti RM. Palangka yang ada di Jalan G. Obos dan RM Samba di Jalan RTA Milono yang menyediakan makanan khas daerah Kalimantan Tengah. Kum-Kum di Pahandut Seberang yang menghidangkan makanan khas daerah di Indonesia.

TEMPAT MAKAN SERU

Di Jalan Galaxy terdapat Kayu Manis Resto yang menghidangkan makanan khas Bali, Chinese food dan juga European food. Kalau di Gajah Mada yang ada di Jalan Ahmad Yani dan juga Family di Jalan Bawean menyajikan Chinese food dan aneka seafood. Kalau Anda ingin mencoba Western food bisa datang ke Green Leaf Cafe Jalan Tjilik Riwut. Bakoel Dapur juga menghadirkan Indonesian food serta masakan khas Sunda yang nikmat.

Itulah tadi wisata kuliner di Kalimantan Tengah yang pasti sudah menggugah selera Anda. Jangan lupa untuk mampir ke tempat-tempat tersebut, ya! Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY