Wisata Kuliner di Kalimantan Timur

0
688

Wisata Kuliner di Kalimantan Timur – Selain menyimpan sejuta keindahan wisata alamnya, Kalimantan Timur juga memiliki kuliner yang khas. Kuliner yang perlu Anda coba, yaitu di Kutai dan Samarinda yang sangat lezat dan wajib dicicipi ketika Anda berkunjung ke sana. Dan inilah beberapa makanan khas, rekomendasi restoran dan juga tempat makan seru yang ada di provinsi tersebut.

MAKANAN KHAS

Kalimantan Timur memiliki makanan khas yang, seperti yang satu ini Nasi Kuning. Memang terkesan sangat biasa mengingat kuliner enak ini dimiliki berbagai kota di Indonesia. Namun, yang membuatnya unik adalah kekhasan rempah-rempahnya. Bahkan di sana Anda bisa menuju ke kampung nasi kuning di Jalan Lambung Mangkurat. Aneka Olahan Kepiting juga bisa Anda temukan di sini, seperti kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting tauco, dan kepiting goreng mentega dengan rasa khas yang nikmat.

Bingka, yaitu makanan khas Balikpapan yang berbahan dasar kentang dan menjadi oleh-oleh yang mengesankan. Kentang tersebut diolah bersama mentega, telor, susu dn gula dengan cita rasa yang gurih dan manis. Amplang, yaitu sejenis kerupuk yang berbahan dasar tepung, telor, dan beragam rempah serta daging ikan pipih. Mantau atau roti span yang khas dengan etnis Tionghoa dan disajikan bersama daging rusa yang diolah dengan bumbu lada hitam. Ayam Cincane hidangan utama di acara pernikahan maupun acara lainnya, Nasi Bakepor, nasi liwet yang dicampur dengan ikan asin dan rempah-rempah khas.

Payau atau daging rusa yang biasa ditemukan di perayaan atau festival Kaltim, Pisang Gapit yang dibuat dengan cara dijepit dan dipanggang serta ditaburi bumbu gula merah cair. Sanggar, yakni sejenis gorengan dari pisang jenis sanggar dan diolah dengan tepung beras. Cocolan camilan ini adalah bumbu kacang yang sangat khas. Untuk-untuk, kue yang menyerupai donat tanpa lobang dan berisi kacang ijo atau inti.

REKOMENDASI RUMAH MAKAN

Ke Kalimantan Timur, tapi tidak mampir ke rumah makannya? Wah, Anda akan sangat rugi. Cobalah sesekali ke Jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran yang letaknya tidak jauh dari Bandara Sepinggan dan RM. Depot Kepiting Tambora di Jalan Jenderal Sudirman 531 A Stal Kuda Balikpapan. Rumah tersebut menyediakan aneka olahan kepiting seperti yang sudah disebutkan di atas. Mampir juga ke depot di Simpang Kilat Jalan Letjen Suprapto Balikpapan, Restoran Shanghai di Jalan Jendral Sudirman No.56 Markoni, Balikpapan. Yang terakhir adalah Restoran Bondy di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.1 Antasari Balikpapan.

TEMPAT OLEH-OLEH

Setelah kenyang di restoran favorit Anda, jangan lupa mampir ke dekat pelabuhan Semayang atau di Stal Kuda yang menjual Bingka paling enak di Balikpapan. Jika Anda ingin mencoba Amplang, silahkan pergi ke Jalan Ahmad Yani Balikpapan. Di situ terdapat beberapa toko yang menjual oleh-oleh khasnya, seperti juga Bakpia khas Kalimantan Timur.

Selamat menikmati makanan khas dari Kalimantan Timur yang bisa membuat Anda ketagihan. Salam liburan dan masakan untuk Anda yang saat ini sedang mencicipi hidangan tersebut bersama keluarga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY