Wisata Kuliner di Kepulauan Bangka Belitung

0
1043

Wisata Kuliner di Kepulauan Bangka Belitung – Laskar pelangi, takkan terikat waktu. Memang benar adanya, begitu pula dengan Kepulauan Bangka Belitung ini. Kekayaan alam dan juga kuliner khasnya tidak habis dimakan waktu. Yang kedua tersebut sudah jelas, karena kuliner khas Bangka Belitung memang lezat dan patut untuk Anda cicipi. Beberapa tempat dengan makanan khasnya akan disajikan untuk Anda di sini.

MAKANAN KHAS PULAU BANGKA

Bangka sering dijuluki sebagai dunianya kuliner. Sebab makanan di sana sangat lezat dan selalu bisa menggoyang lidah setiap orang. Anda penasaran apa saja makanan khas Bangka? Yang pertama adalah Otak-otak. Makanan tersebut menggunakan bahan dasar ikan, jenisnya ada pempek rebus, uyen, empiang, otak-otak satai goreng dan masih banyak lagi. Perbedaan otak-otak tersebut terletak pada pencocolnya, seperti cuka tauco, terasi, dan masih banyak lagi. Belinyu merupakan desa yang terkenal dengan otak-otaknya. Bakmi Bangka atau Mie Ayam Bangka dengan sambal tauco dan disajikan bersama otak-otak fukian serta bakso ikan. Gurih dan nikmatnya akan menggoyang lidah.

Sambal Rusip, Teritip dan Kecalok yang berbahan dasar ikan bilis segar dan dicampur bersama bumbu-bumbu khas lainnya. Ketiga sambal tersebut sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang mengunjungi Bangka. Lalu ada Kemplang atau kerupuk khas Bangka yang terbuat dari tepung sagu dengan cumi atau ikan tenggiri. Mie Koba di Pangkalpinang dengan cita rasa khas seafood yang sangat kuat. Minuman yang unik juga ada, nih yaitu Tai Fu Sui atau Susu Kedelai dengan kesegaran rasa.

MAKANAN KHAS PULAU BELITUNG

Ada Gangan Belitung yang sangat khas. Makanan tersebut terbuat dari ikan laut dan merupakan sejenis sup pindang juga. Ikan ketarap adalah ikan yang paling banyak diolah untuk gangan. Mie Belitung dengan kenikmatan rasa yang tidak bisa diragukan lagi.

TEMPAT MAKAN KHAS

DI Jalan Kampung Bintang dan di dekat supermarket lama, Anda bisa mencicipi otak-otak “Ase” serta “Samoichi” yang lumayan murah dan nikmat. Silahkan juga mencoba Mie Bangka di rumah makan “Asu” yang letaknya dekat dengan Plaza Ramayana. Di Jalan Kampung Bintang juga ada kedai mie Akau” yang terkenal lezatnya.

Coba juga Mie Belitung di pusat kota Tanjung Pandan, yaitu Mie Belitung Atep. Ingin mencoba udang asem manis, cap cay, babi kluyuk dan ikan tausi? Datang saja ke Rumah Makan Ameng. Kalau Anda sedang berkunjung ke Pantai Pasir Padi, nikmati seafood nikmat dengan sensasi seperti menyantap hidangan di anjungan kapal. Rumah makan tersebut adalah Aroma Laut. Di Rumah Makan Mie Babi Awen juga menyediakan Janmian dan lempeh cukut.

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Bangka, silahkan pergi ke Pondok Greeng Lesehan yang ada di Jalan Ahmad Yani 97 Pangkalpinang, Bangka Belitung. Di RM.Hj. Warsih yang ada di Jalan Kampung Opas Pangkalpinang menyediakan kuliner unik, yaitu lempah kuning, olahan dari kepala tenggiri yang memiliki rasa khas.

Itulah tadi referensi kuliner Anda di Bangka Belitung. Silahkan mendatanginya satu persatu untuk membuktikan kelezatan rasanya. Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY