Wisata Kuliner Di Kepulauan Riau

0
1337

Wisata Kuliner Di Kepulauan Riau – Kepulauan Riau memiliki kuliner yang tidak jauh berbeda dengan beberapa daerah di Indonesia. Makanan khas yang dimilikinya juga hampir mirip dengan Riau daratan yang merupakan saudaranya. Berikut ini akan disajikan makanan atau kuliner khas Kepulauan Riau bersama dengan rekomendari rumah makan yang bisa Anda kunjungi. Oleh karena itu, ikuti terus wisata kuliner di Kepulauan Riau, ya!

MAKANAN KHAS KEPULAUAN RIAU

Kalau Anda datang ke provinsi ini, jangan lupa mampir untuk mencicipi Gulai Siput, yaitu gulai yang berbahan dasar siput atau keong sawah dengan campuran rempah-rempah khas Melayu. Dijamin Anda tidak akan rugi mencicipinya. Selain itu ada pula Sup Ikan Batam yang menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Rasanya yang lezat merupakan perpaduan antara rempah-rempah dengan tomat hijau serta belimbing wuluh. Mie Tatempa atau biasa disebut dengan Mie Siantan merupakan mie kuning yang disajikan bersama telur, tauge dan juga ikan laut goreng akan menemani sarapan pagi Anda.

Ada juga Laksa atau Lakse sejenis mie yang diolah bersama bumbu Melayu serta Tionghoa. Rasanya sangat lezat dan kaya rempah. Sudah pasti lidah Anda akan dimanjakan oleh makanan berbentuk bulat dengan warna putih serta sedikit tebal ini. Lendot atau yang biasa disebut Sempolet adalah makanan berkuah kental yang memiliki rasa pedas dan gurih. Makanan ini sangat kuat dengan karakter Melayunya. Anda bisa mencobanya ketika cuaca sedang dingin. Terakhir nih, yang paling banyak digemari yaitu Gonggong yang sekilas mirip siput atau keong yang disajikan dengan direbus serta dilengkapi sambal khusus dengan aroma khas.

REKOMENDASI TEMPAT MAKAN

Sudah disebutkan di atas bahwa Mie Tatempa memiliki rasa yang khas. Nah, Anda bisa mencobanya di kedai kopi selera Bintan yang ada di Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Ada juga Mie Tarempa di RM. Mie Tarempa Cabang Batam yang ada di Jalan DI. Panjaitan, Tanjungpinang. Di sana juga menjual Luti Gendang yang merupakan makanan khas Kepulauan Riau.

Anda pun bisa mencoba hidangan yang ada di Melayu Square. Begitu lengkap dengan makanan khasnya dan juga jajanan lain. Tempat ini sangat direkomendasikan karena cocok untuk nongkrong bersama teman-teman. Letaknya yang berada di pinggir pantai membuat suasana menyantap sajian jadi lebih nikmat. Kalau penasaran dimana tempatnya, silahkan ke Jalan Hang Tuah, Tanjungpinang. Kunjungi juga Sup Ikan Yong Kee yang ada di Komplek Nagoya City Center Blok E 8-9 Batam dan Komplek Hup Seng Blok A No.5-8, Batam Centre, Batam. Rumah makan tersebut menyajikan sup ikan segar yang memiliki rasa gurih dan asam. Pokoknya nikmat!

Silahkan mengunjungi Kepulauan Riau dengan berwisata serta mencicipi kulinernya. Dijamin Anda akan doyan dan ketagihan. Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY