Wisata Kuliner di Yogyakarta

0
707

Wisata Kuliner di Yogyakarta – Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan pesona. Selain dijuluki sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga memiliki kesan mistis yang bisa Anda rasakan ketika berkunjung ke beberapa objek wisata yang ada di sana. Namun, Anda akan merasa gembira ketika mengetahui bahwa Yogyakarta juga terkenal dengan kota seribu kuliner. Bisa Anda bayangkan makanan apa saja yang ada di sana? Pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah gudeg. Akan tetapi, bukan hanya gudeg saja, lho yang ada di Yogyakarta.

KULINER LEZAT DI YOGYAKARTA

Bakpia, wingko babat, enting-enting kacang dan yangko merupakan makanan yang sering dijadikan untuk oleh-oleh. Ketika Anda mengunjungi daerah ini, pastilah akan menemukan makanan tersebut. Yang akan sering Anda temui disini adalah Gudeg. Makanan yang satu ini merupakan andalan di Yogyakarta. Terbuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional serta lauk yang juga menambah cita rasanya membuat gudeg makin banyak digemari, baik oleh masyarakat sekitar maupun oleh masyarakat yang datang dari luar kota. Ada pula Sate Klathak, yaitu sate kambing yang diolah bersama bumbu-bumbu khasnya. Nasi Goreng Beringharjo yang lezat dengan pilihan daging ayam atau daging babi.

Anda juga bisa mencicipi aneka makanan lain dari kota ini, seperti Bebek Suwar-Suwir yang merupakan makanan kesukaan Sultan, Mangut Lele, Jadah Bacem, Lontong Kikil, Trubus dan aneka jenang yang akan menggoyang lidah.

REKOMENDASI RUMAH MAKAN FAVORIT

Terdapat berbagai rumah makan di Jogja yang menjadi favorit para masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang ke sana. Gadjah Wong Garden Restaurant di Jalan Gejayan Po Box 111 YKBS Yogyakarta Telp.0274-588294. Restoran ini merupakan salah satu yang terbaik dan elegan di Yogyakarta dengan menyajikan musik berbagai genre sambil menikmati santapan lezat dari Asia hingga Eropa. Tahu bola, cunduk, brongkos, wedang sereh, sate lilit dan nasi kucing bisa Anda nikmati di rumah makan House of Raminten yang memiliki arsitektur yang luar biasa yang didominasi oleh adat Jawa. Terletak di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta serta buka selama 24 jam. Warung Sate Kambing Pak Tris yang ada di Kronggahan, Mlati, Sleman yang menjual sate goreng ringin dengan rasa yang khas. Nasi Goreng Beringharjo di Jalan Pabringin No.1 Yogyakarta. Warung ini buka mulai dari jam 19.00-habis dengan sajian nasi goreng ayam atau nasi goreng babi. Sate Klathak Pak Pong dengan olahan sate kambing yang nikmati di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta. Icipi gudeg yang lezat di Gudeg Pawon yang ada di Jalan Dr. Soepomo Umbulharjo, Yogyakarta.

TEMPAT MAKAN SERU DI YOGYAKARTA

Banyu Mili Country Club merupakan tempat rekreasi keluarga, berupa kolam renang, wahana air dan danau buatan yang sekaligus menjadi tempat wisata kuliner. Menu andalannya adalah kepiting telur dan udang bakar madu. Beralamat di Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5 Yogyakarta dan buka mulai dari 10.00-22.00. Bong Kopitown tempat wisata kuliner dengan konsep penjara. Menu andalannya adalah sapo tahu, penang fried noodle, rendang spicy noodle dan kopi tetes. Rumah makan ini ada di Jalan Sagan Kidul 4 Yogyakarta dan buka mulai 10.00-24.00. Mie Telap 12 dengan hidangan mie instan yang disajikan sesuai dengan gambar yang ada pada bungkusnya. Misalnya saja, mie goreng rendang, Anda juga akan diberi hidangan mie instan dengan potongan daging rendang serta toping lainnya di atasnya. Datang saja ke Jalan Pandean 10B Yogyakarta untuk membuktikan kelezatannya. Kalimilk Yogyakarta yang menyajikan aneka olahan susu. Tempat nongkrong ini memiliki sebutan unik bagi pelanggannya, yaitu neneners. Ada di Jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta.

Itu tadi merupakan kuline khas dan tempat makan yang unik di Yogyakarta yang bisa Anda sambangi. Selamat berlibur dan berwisata kuliner. Sampai jumpa, salam masakan!

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY