Wisata Kuliner Gorontalo

0
2484

Wisata Kuliner Gorontalo – Setiap provinsi di Indonesia memiliki wisata alam yang menarik. Seperti pantai, danau, hutan, perkebunan dan lain sebagainya. Namun, hal tersebut tidak lengkap jika tidak didukung oleh wisata kuliner yang ada. Kenapa demikian? Ada orang mengatakan, Anda belum mengunjungi kota tersebut jika belum mencicipi kulinernya barang sedikit.

Kalau membahas kuliner memang tidak ada habisnya, karena di setiap kota di Indonesia selalu punya yang khas dan unik. Di Gorontalo sendiri terdapat makanan yang khas dan terkenal dengan kenikmatannya, seperti:

BINTHE BILIHUTA

Nama yang unik tersebut biasa disebut dengan milu siram, yaitu sup yang berisi jagung manis yang sudah dipipil, udang kecil, potongan ikan cakalang, kemangi, parutan kelapa, bawang goreng, daun bawang, cabai merah dan perasan jeruk nipis secukupnya. Rasanya segar dan gurih sekali. Makanan ini terdapat pula di Sulawesi Tengah tepatnya di Luwuk ataupun di Palu.

AYAM ILONI

Ayam Iloni merupakan makanan khas Gorontalo yang terbuat dari ayam kampung dengan racikaan bumbu rempah yang sangat kuat. Namanya yang unik inipun juga memiliki rasa yang berbeda dengan olahan ayam pada umumnya. Rasanya gurih dan pedas. Benar-benar cocok dinikmati ketika berwisata di pantai pada malam hari.

SASHIMI TUNA

Kuliner tersebut sebenarnya bukan berasal dari Gorontalo. Melihat namanya, Jepang merupakan kota asal dari Sashimi Tuna. Mungkin karena Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil tuna di Indonesia. Walaupun demikian, olahan ini tetap memakai rempah yang khas di Indonesia, salah satunya dimakan menggunakan sambal dabu-dabu, sehingga memiliki rasa yang berbeda.

KUE SABONGI

Makanan berbahan dasar singkong dan pisang ini memang memiliki kenikmatan tersendiri. Masyarakat Gorontalo sangat menyukai olahan tersebut. Bahkan, masyarakat sekitar sering mengolahnya sendiri di rumah karena memang cara membuatnya sangat mudah. Kalau membeli pun Anda akan mengeluarkan kocek sekitar Rp3.000,- untuk satu kue sabongi.

ES BRENIBON DAN SARABA

Es brenibon merupakan es kacang merah yang diberi susu manis dan serutan es batu. Rasanya manis dan mengenyangkan, karena terdapat kacang merah di dalamnya. Ada pula Saraba, yaitu minuman yang mirip STMJ, penghangat badan. Minuman ini dapat dijumpai di berbagai tempat di Sulawesi.

INFO KULINER

Rumah Makan Ci’Kia yang berada di Jalan Tribatra No.69 Gorontalo tersebut menjual Binthe Biluhuta dengan harga yang relatif murah, mulai dari Rp8.000,-. Terdapat pula es brenibon dengan harga Rp10.000,- saja. Tidak hanya itu, mie cakalang, bubur tinutuan dan makanan khas Gorontalo lainnya dijual di rumah makan yang buka mulai dari pukul 09.00 ini.

Kalau Anda ke Gorontalo, jangan lupa mampir di rumah makan yang ada di sana. Sangat lengkap, bukan kalau berwisata alam sambil berwisata kuliner. Salam masakan Indonesia!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY