Wisata Kuliner Jawa Tengah

0
916

Wisata Kuliner Jawa Tengah – Jawa Tengah memang terkenal akan budayanya yang kuat. Terlebih di sekitar Jogja dan Solo yang merupakan daerah Sultan berada. Tentunya segala sesuatu yang ada di daerah tersebut berpengaruh terhadap kulinernya. Kali ini wisata kuliner akan menuju ke Solo dan Semarang untuk memberikan panduan bagi Anda yang sedang kebetulan mampir dan ingin mencari makan.

KULINER SEMARANG

Semarang memiliki beragam kuliner, seperti yang terkenal, yaitu lumpia, bandeng presto dan wingko babat. Lumpia sendiri sudah menjadi ikon kota tersebut. Terdapat dua tempat yang terkenal dengan lumpianya, yaitu Gang Lombok dan Jalan Mataram. Di Jalan Pandanaran juga bisa Anda jumpai kuliner seperti wingko babat dan bandeng presto yang terkenal sangat lezat serta lembut dagingnya. Kenapa demikian? Karena bandeng yang dipresto akan melunakkan tulang-tulangnya, sehingga bak makan ikan tanpa tulang.

Makanan lainnya, yaitu Serabi Ngampin dan Serabi Kucur yang dijual di hampir sepanjang jalan antara Semarang dan Ambarawa. Jangan lupa mampir di Pecel Tukinem dan Pecel Mbok Kami yang menyajikan hidangan pecel beserta lauk lainnya seperti telur, ayam dan lain-lain. Warung ini buka mulai pukul 07.00-12.00 di sekitar Kantor Gotong Royong.

KULINER SOLO

Solo, kota seribu budaya dan kuliner ini memang khas sekali dengan daerahnya. Banyak kuliner unik dan menarik yang bisa ditemui di Solo. Makanan-makanan tersebut di antaranya yaitu Nasi Liwet, Nasi Gudeg Solo, Nasi Timlo, Pecel, Cabuk Rambak dan aneka kuliner lainnya. Untuk minumannya, coba saja Wedang Asle yang merupakan minuman hangat dengan kelapa muda utuh serta nasi ketan yang menyegarkan. Kuliner lainnya mungkin seperti Tengkleng, Dawet Selasih, dan Roti Mandarin.

REKOMENDASI RUMAH MAKAN DI SOLO

Untuk Anda yang menyukai Tengkleng datang saja ke Tengkleng Pasar Klewer. Namun, jangan terlalu siang sebab biasanya sudah habis. Alternatif lainnya yaitu Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang sangat terkenal dan terletak di Keprabon Kulon Solo. Cabuk Rambak yang ada di Pasar Besar Pintu Timur, Dasaran dan mulai berjualan dari pukul 07.00-12.00. Yang paling banyak dicari, yaitu Serabi Notosuman di Jalan Prof. M. Yamin No.52 Notosuman. Mulai berjualan dari pukul 06.00-18.00. Dawet Selasih Bu Watik di Pasar Gede. Serta masih banyak lagi kuliner khas Jawa Tengah yang ada di Semarang maupun Solo.

KULINER TAMBAHAN

Sekar Kedaton yang ada di Jalan Tegal Gendu No.28 Kotagede, Yogyakarta dan di Jalan Raya Borobudur KM 2,5 Mungkid, Magelang, Jawa Tengah merupakan restoran terbesar di Jogja yang memiliki suasana khas Jawa, termasuk dekorasi dan iringan musiknya. Terdapat menu barbeque, buffet dan stall. Ada pula soto ayam bandengan, timlo soup dan ayam panggang miroso yang lezatnya tak terkatakan. Pelayan di restoran ini mampu berbicara dalam bahasa asing serta memberikan kenyamanan pada Anda.

Semoga info kuliner beserta rekomendasi restoran di atas bisa membantu Anda menentukan tempat mana yang akan Anda tuju. Akhir kata, selamat membaca dan mengunjunginya. Salam masakan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY